Selasa, 12 April 2016

Introducing... AIRA Plastic Calligraphy




Indonesia adalah salah satu negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia. Di lain sisi, Indonesia juga negara yang memiliki masalah mengenai sampah, khususnya sampah plastik. Karena proses penguraian sampah plastik cukup lama, hal ini cukup meresahkan dan mengakibatkan banyak kerugian fisik lingkungan maupun psikis manusia. Maka dari itu, dengan adanya permasalahan tersebut, kami terilhami untuk membuat sebuah karya seni kaligrafi dengan memanfaatkan sampah. Selain menciptakan suatu karya yang bernilai secara islami, juga mampu mengurangi jumlah sampah plastik yang ada di lingkungan. Produk ini merupakan inovasi untuk gerakan peduli lingkungan yang dapat dijangkau oleh masyarakat. Dengan bahan yang mudah didapat dan modal yang sedikit, diharapkan mampu membuat produk ini sebagai peluang usaha.

      Aira Plastic Calligraphy adalah karya seni kaligrafi dari sampah plastik yang digunakan sebagai hiasan dinding. Selain sebagai hiasan dinding, dapat pula ditambahkan fungsi sebagai bingkai foto atau cermin. Kaligrafi plastik ini masih dibuat secara konvensional atau handmade. Bahan baku dari sampah plastik berbagai warna yang disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan corak yang memiliki ciri khas tersendiri. Jika diamati, kaligrafi akan nampak berkilauan jika terkena cahaya. Selain itu, dengan background lukis diharapkan dapat menambah nilai estetis. Meskipun terbuat dari limbah, kaligrafi ini dikemas secara menarik sehingga dapat menutupi realita bahwa kaligrafi yang dibuat berasal dari sampah plastik.
     Hasil kaligrafi dapat disesuaikan sesuai permintaan klien. Klien dapat menentukan ayat, ukuran, bentuk, orientasi, teknik, background, jenis bingkai dan warna bingkai serta tambahan fungsional. Selain digunakan untuk kalangan sendiri, kaligrafi plastik ini juga menarik dijadikan sebagai kado atau hadiah untuk seseorang.
        Kami memulai bisnis ini sejak 2016 yang merupakan kelanjutan dari PKM-K (Program Kreatifitas Mahasiswa - Bidang Kewirausahaan). Diharapkan, kami benar-benar dapat belajar untuk berwirausaha serta berkontribusi positif terhadap lingkungan.

Tunggu karya-karya kami di post berikutnya :)

4 komentar:

  1. Keren banget ini kaligrafi (y)

    BalasHapus
  2. Wihhh kerenn (y)
    Sangat peduli lingkungan ..
    Dari limbah jadi karya seni yg bernilai (y)
    Kaligrafi nya keren keren ,fungsional juga :D


    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...